Kamis, 02 Februari 2017

Cara Pembuatan Pupuk Bokashi Cair

Tags

Pada kesempatan ini kami akan mengulas bagaimana tekhnik pembuatan pupuk bokashi cair yang begitu sangat bermanfaat bagi tanaman. 

Simak langkah-langkah pembutan pupuk bokashi cair berikut ini :

Bahan yang diperlukan :


  1. Pupuk kandang (kotoran ayam / sapi, dll yang sudah kering) : 30 kg
  1. Bakteri fermentasi EM-4 : 1 liter
  1. Molase / gula pasir (merah) : 250 gram
  1. Air 100 Liter
Alat yang diperlukan :
  1. Drum Plastik, Kapasitas 250 liter atau lebih
Cara pembuatan :


Buat larutan molase gula pasir atau gula merah caranya siapkan gula sebanyak 250 gram (bila menggunakan gula merah disisr halus dahulu agar mudah larut) kemudian campur dengan air bersih sebanyak 250 gram, aduk hingga merata.

Masukkan air kedalam drum yang telah dipersiapkan sebanyak 100 liter. Kemudian masukkan EM4 sebanyak 1 liter dan molase kedalam drum kemudian aduk hingga merata. 

Masukkan kotoran hewan yang telah disiapkan kedalam drum sebanyak 30 kg dan kemudian aduk hingga merata dan masukkan kembali air sisi sebanyak 100 liter kedalam drum kemudian aduk kembali. Setelah rata tutup drum dengan rapat agar proses fermentasi berjalan baik. Kotoran yang baik digunakan untuk bokashi harus dudah kering karena apabila kotoran masih baru justru akan membahanyakan tanaman.

Agar bokashi sempurna lakukan pengadukan setiap hari 1 kali. pengadukan cukup dilakukan antara 4 - 10 kali saja kemudian diamkan sebentar dan tutup kembali drum dengan rapat. Pupuk bokashi cair akan jadi setelah proses selama kurang lebih 4 - 7 hari.

Setelah 7 hari pupuk siap digunakan untuk memupuk tanaman. Apabila anda mengininkan anda juga dapat menyaring pupuk bokashi yang telah jadi sehingga akan diperoleh dua pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Kedua pupuk sama efektifnya bila digunakan untuk memupuk tanaman.


Cukup sekian pembahasan dari kami tentang pembuatan pupuk bokashi cari, semoga bermanfaat,..

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon